Senin, 02 Juni 2014

Menggunakan Layout Editor

Apa yang Baru di Android Developer Tools
Android Studio menawarkan layout editor canggih yang memungkinkan Anda untuk drag-and-drop widget ke tata letak dan melihat tata letak Anda saat mengedit XML.
Dalam layout editor, Anda dapat beralih antara tampilan teks, di mana Anda mengedit file XML sebagai teks, dan tampilan Design. Cukup klik tab yang sesuai di bagian bawah jendela untuk menampilkan editor yang diinginkan.

Mengedit dalam Text View


Anda dapat menggunakan tampilan teks untuk mengedit file tata letak Anda. Bagian ini menjelaskan beberapa fitur yang tersedia dalam tampilan teks.

Preview

Sementara mengedit dalam tampilan teks, Anda dapat melihat tata letak pada perangkat dengan membuka Preview pane tersedia di sisi kanan jendela. Dalam Preview pane, Anda dapat memodifikasi preview dengan mengubah berbagai pilihan di bagian atas panel, termasuk perangkat pratinjau, tata letak tema, versi platform dan banyak lagi. Untuk melihat preview tentang bagaimana aplikasi Anda akan terlihat dengan kulit perangkat tertentu, klik ikon pratinjau dan memilih perangkat yang dikehendaki, seperti Nexus 4:
Gambar 1. Meninjau aplikasi Anda.
Untuk melihat tata letak pada beberapa perangkat secara bersamaan, pilih Preview Semua ukuran layar dari perangkat drop-down.
Ketika Anda mengklik pada gambar tampilan, layout editor menyoroti bagian yang sesuai dalam XML, dan sebaliknya.

Deteksi error Interaktif dan pemulihan

Ketika Anda mengedit tampilan teks file XML layout, Android Studio bendera kesalahan ketik dan menawarkan bantuan.
Misalnya, Anda menambahkan sebuah tombol, dan Anda misspell itu sebagai "Buttonn". Android Studio membantu Anda untuk memperbaikinya dengan menampilkan kesalahan seperti berikut, di mana Anda dapat mengklik "Change Button" untuk memperbaiki kesalahan dalam file XML:
Gambar 2. Kesalahan melelahkan.
Android Studio juga meminta Anda untuk memberikan informasi yang hilang. Misalnya, Anda mulai menambahkan fragmen ke file XML tata letak Anda. Pertama-tama, Android Studio menampilkan saran auto-complete saat Anda mengetik. Setelah menjadi jelas bahwa Anda menambahkan fragmen, Android Studio menampilkan panel error dengan link yang dapat Anda klik untuk memasok atribut yang hilang. Mengklik "Secara otomatis menambahkan semua atribut yang hilang" dalam hal ini tidak hanya itu-itu selesai definisi fragmen dalam file layout XML Anda:
Gambar 3. Menyediakan informasi yang hilang

Memilih tema

Untuk memilih tema untuk aplikasi Anda, klik ikon Tema .
Ini akan menampilkan dialog Pilih Tema, di mana Anda dapat mencari tema tertentu dan / atau pilih salah satu dari daftar di sisi kanan. Tema yang Anda pilih akan tercermin dalam gambar dulu.
Gambar 4. Menentukan tema.

Lokalisasi

Android Studio menyediakan dukungan built-in lokalisasi. Ketika Anda mengklik ikon lokalisasi , Anda dapat memilih lokasi tertentu, menambah dan mengedit terjemahan, preview lokal yang didukung aplikasi (semua lokal atau hanya lokal tunggal), dan preview tata letak kanan-ke-kiri untuk bahasa yang RTL.
Lihat Pendukung Bahasa yang berbeda-beda untuk penjelasan tentang bagaimana mendukung locales yang berbeda di app.
Sebagai contoh, berikut adalah preview dari "Hello World" aplikasi untuk locale:
Gambar 5. Meninjau Lokal.

Mengedit dalam Design View


Anda dapat beralih ke editor grafis dengan mengklik Desain di bagian bawah jendela. Sementara mengedit dalam tampilan Design, Anda dapat menampilkan dan menyembunyikan widget yang tersedia untuk drag-and-drop dengan mengklik Palette di sisi kiri jendela. Mengklik Designer di sisi kanan jendela mengungkapkan panel dengan hirarki tata letak dan daftar properti untuk setiap tampilan dalam tata letak.
Bila Anda tarik widget ke dalam tata letak grafis untuk aplikasi Anda, perubahan tampilan untuk membantu Anda menempatkan widget. Apa yang Anda lihat tergantung pada jenis tata letak. Misalnya, jika Anda menyeret widget ke dalam FrameLayout , ini akan menampilkan grid untuk membantu Anda menempatkan widget, seperti yang ditunjukkan pada gambar 6:
Gambar 6. Menggunakan layout grid untuk menempatkan widget.
Dalam editor grafis, Anda dapat mengatur ulang UI aplikasi Anda dengan menyeret widget ke lokasi yang diinginkan.

Mengambil snapshot

Ketika Anda menjalankan aplikasi Anda pada perangkat yang terhubung, Anda dapat mengambil snapshot dari perangkat tersebut dengan mengklik ikon kamera di sebelah kiri panel logging (di bagian bawah jendela secara default). Ini mengambil snapshot dari aplikasi Anda yang sedang berjalan (atau apa pun yang sedang ditampilkan pada perangkat Anda) dan menampilkannya dalam sebuah jendela. Periksa Bingkai Screenshot untuk menunjukkan screenshot Anda dalam skin perangkat pilihan Anda. Anda juga dapat menentukan apakah Anda ingin gambar untuk memiliki layar silau dan / atau drop shadow. Setelah Anda memiliki efek yang diinginkan, Anda dapat menyimpan gambar.
Anda dapat menggunakan proses yang sama untuk membuat snapshot preview aplikasi Anda. Cukup klik ikon kamera di daerah pratinjau dan ikuti langkah-langkah untuk menambahkan skin perangkat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar